Thursday, September 25, 2014

Memahami Tujuan Hidup Manusia

Ada banyak literature dan dari beberapa ahli/ pemikir mengasumsikan tentang apa sebenarnya tujuan dari manusia diciptakan. Sebagian besar dari kita pastilah merujuk pada hakikat manusia diciptakan, yaitu menyembah dan beribadah kepada Tuhan. Tapi taukah kita ternyata ada kekeliruan jika kita hanya sempit membahasakan tanda-tanda yang diberikan oleh sang pemilik Pengetahuan Allah swt. Ibadah merupakan perwujudan ketakwaan kita kepada Tuhan, sebagian dari kita menganggap bahwa kita hidup sebenarnya hanya untuk menyembah dan melaksanakan perintahNya, agar nanti ditempatkan di surga.
Bagi kaum agamais, Surga sering kali dikaitkan dan menjadi alasan kita dalam berkehidupan. Surga dengan kenikmatannya dianggap tujuan untuk hidup, dimana ibadah sebagai jalan untuk mencapai surge tersebut. Jika kita menganut pandangan tersebut, artinya kita termasuk orang yang naïf dan senantiasa mengesampingkan berbagai aspek yang sebenarnya penting. Manusia adalah makhluk yang berakal, fungsi akal adalah sebagai chooser atau yang menentukan ide yang hendak diaktualisasikan. Manusia sebagai makhluk yang
bebas/ merseka dalam berkehendak dibekali dengan Ego dan nurani.
Ego atau ke”aku”an merupakan sikap individualistis dan mengedepankan nafsu, puncak dari ego ini adalah tingkah atau perbuatan buruk. Perangkat Nurani adalah kebalikan atau lawan dari Ego. Nurani sendiri merupakan Rohaniah manusia yang memproduksi pikiran dan asumsi kudus karena nurani merupakan bagian atau puncak dari moralitas manusia. Ego dan Nurani inilah yang dalam kesehariannya bertarung, lalu hadirlah akal yang akan memutuskan,kecenderungan ego untuk memilih keputusan yang akan dilakukan tergantung dari tingkat keimanan kita.  Keimanan terhadap Tuhan akan menempatkan Nurani berdampingan dekat dengan akal, shingga mudah tuk dipahami dan dilaksanakan begitupun sebaliknya.
Sip, untuk kelanjutannya insyaAllah akan diPosting Minggu depan.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kita dalam Kata

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Berita Harian

Pages - Menu

Popular Posts

Popular Posts